Seach

SAMBUT RAMADHAN HAMAS BEBASKAN 50 ANGGOTA FATAH


Image

Kelompok pejuang Palestina Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, membebaskan sekitar 50 anggota pasukan gerakan sayap Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas, Rabu (19/8). Pihak Hamas menyebut pembebasan tahanan-tahanan itu sebagai isyarat baik menyambut bulan suci Ramadhan.

Pembebasan tahanan secara berkala merupakan ketentuan utama untuk negosiasi yang digunakan oleh kedua kelompok itu dalam upaya mereka mengatasi perselisihan sengit yang telah meretakkan landasan perjuangan kemerdekaan Palestina. Fatah menyatakan, sedikitnya 300 anggota gerakan itu ditahan di Gaza oleh Hamas.

Meski berjuang untuk sesuatu yang sama, yakni kemerdekaan Palestina, namun kedua faksi ini memiliki kebijakan yanag berbeda. Keduanya sering terlibat bentrok fisik antar pasukan bersenjata di lapangan.

Sementara itu, pada hari yang sama Rabu (19/8), Israel menyatakan akan menghidupkan lagi rencana 2008 untuk ratusan rumah di wilayah pendudukan Yerusalem timur. Artinya, pembangunan 450 rumah di permukiman Pisgat Zeev ini merupakan indikasi, bahwa konflik tak memiliki tanda berhenti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar