Seach

Anti Virus Lokal (buatan anak bangsa)

3. Gucup Antivirus

Dibuat oleh Yusuf Theretsa Patiku, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Fitur-fitur yang disediakan antara lain:

  • Memory system scanning
  • Scanning All files
  • Scanning Compressed files (.zip and .rar) [Optional, if you activate]
  • Multi Selection Drive Scanning
  • Good Accurate and Method Scanning
  • Fast Scanning (Depending on your computer spesification)
  • Recover Folder and Files
  • Show Hidden Folder [Optional, if you activate]
  • Portable
  • Friendly Inferface & Use
  • Estimate Scanning with ProgressBar
  • Percentage of Scanning Progress
  • Log Off, Restart, Shutdown, and Lock Computer Menu
  • Log File

Agar dapat menggunakan GAV, diperlukan instalasi .NET Framework pada PC.
klik untuk download Gucup Antivirus [via AlexBudiyanto.Web.ID]

4. CompactbyteAV (CAV)

Download disini

Adalah antivirus untuk berbagai macam virus yang ada di Indonesia dan beberapa virus dari luar yang populer di Indonesia. CAV tidak dimaksudkan menggantikan produk antivirus yang lengkap, tapi untuk melengkapi antivirus yang ada jika Antivirus yang ada gagal mendeteksi virus lokal. Sebaiknya
Anda menscan dulu komputer Anda dengan antivirus yang Anda miliki
sebelum menjalankan CAV.

Dibuat oleh Yohanes Nugroho.Jika menemui virus tidak dikenal, mungkin Anda bisa membersihkannya dengan emergency cleanup.

Download
Cav terbaru: cav-0.94.exe

5. Ahlul Media Computama / B4NS Software

Untuk mereka yang ada di Jogja, antivirus ini cukup dikenal. Populer karena
memang pertama kali yang buat virus Brontok Klepek-klepek. Secara tidak
sengaja saya juga menemukan virus di komputer saya dengan dideteksi
antivirus ini.

Pada paket kali ini dia tidak hanya menyertakan antivirus/ AV dengan kemampuan terbaru. Tapi juga menyediakan tool-tool ampuh untuk mengatasi virus pada komputer anda. AV kali ini mempunyai kemampuan update by “user” jadi saya harapkan memberikan kemudahan. Namun untuk kali ini saya
belum sertakan help-nya ) blum sempat. Jadi silahkan explore sendiri utk sementara.

Untuk download baca di halaman selanjutnya…. download di sini (1.38 Mb)

6.ANsav/ANs Antivirus

Buatan Muhammad Najib. Lumayan efektif juga. Download di sini:

http://www.ansav.com/component/option,com_docman/task,cat_view/Itemid,/gid,13/orderby,dmdatecounter/ascdesc,DESC/

7. AVI antivirus

Infokomputer rupanya nggak mau kalah sama PC Media dalam membuat antivirus lokal. Kepopuleran PCMAV buatan PC media rupanya mendongkrak popularitas majalah komputer itu. Bekerjasama dengan ANSAV, Infokomputer mencoba untuk memasyarakatkan AVI antivirus.Janji mereka, bahwa mereka mengenali ratusan antivirus: “Saat ini, ada sekitar 300-an signatures virus yang bisa dikenali AVI. Nah, bagaimana jika ke depannya muncul virus baru? jangan kuatir karena update signature tersebut nantinya dapat dilakukan melalui update online atau melalui DVD regular yang disediakan InfoKomputer jika memang PC yang Anda gunakan tidak memiliki koneksi Internet.” Demikian tulisan mereka di KOMPAS online. Silahkan coba didownload di sini.

8. AVIGEN

AVIGEN V 2

Nggak tau juga apa latah pakai nama avi. AVIGen adalah software antivirus yang digunakan untuk mencari file-file yang berisi worm, hacktool, exploit script ataupun trojan. Pada versi kedua ini AVIGen hanya difokuskan untuk mencari virus-virus lokal yang saat ini banyak menginfeksi beberapa komputer di indonesia, seperti brontok, pendekar blank, fluikan dan lain-lain.Meski barangkali pengenalan virusnya terkesan basi, tetapi antivirus ini punya fasilitas pendukung untuk menghancurkan kegiatan-kegiatan virus seperti registri tweak, Scan Running Process, Scan AutoRun Locations, Process Viewer dan penambahan kategorisasi virus yang bisa dilakukan oleh pengguna.
download dan info, klik aja di sini.

9. OAS Antivirus

AntiVirus ini dibuat dengan bahasa visual basic dan dikerjakan oleh Team TKJ SMK Bina Mandiri Bekasi dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota maka terciptalah anti virus yang mudah-mudahan bermanfaat, anti virus ini dapat mengenali 35 virus dan ratusan variant baru.

OAS, kenapa OAS ya? O-nya nggak tau, tapi kalau AS barangkali singkatan dari nama penciptanya: Ahmad Sopiyan. Sayangnya info dari situs penciptanya terlalu sedikit. Meski begitu, dia mau berbaik hati menyebarluaskan source code antivirusnya. Wah, makasih banyak mas AS. hehe..download di sini dan info selengkapnya silahkan klik sini.

10. NAVI (Narpes Antivirus)

Tidak ada keterangan apapun dari penyedia antivirus ini di situs http://www.narpes32.net.tc/ kecuali keterangan program dan info download. Akan tetapi di readme-nya ada uraian sebagai berikut:

Narpes Antivirus atau NAVi adalah Antivirus kecil yang dibuat untuk menghalau virus-virus lokal yang mengganggu komputer Anda. Selain virus lokal, Narpes Antivirus juga dapat mengenal beberapa Virus Manca yang
terkenal di Indonesia.

NAVi pertama kali dibuat pada bulan Mei 2007, pada saat itu NAVi dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Tapi, pada bulan Desember 2007, pembuatan NAVi dengan Visual Basic dihentikan dan NAVi diterjemah kan ke Bahasa C. 4 Bulan kemudian, yaitu pada Bulan April 2008, NAVi yang dibuat dengan Bahasa C sudah mulai diedarkan dan terus dikembangkan terus sampai sekarang.

Ok, mau download dan keterangan lengkap, silahkan menuju ke sini

11.AVS-32

Tampilannya mirip PCMAV tetapi dengan sentuhan warna kuning. Jujur aja, agak norak dari sisi pemilihan font dan penyusunan menu. Tapi masalah kinerja barangkali soal lain, karena seorang programmer memang terkadang tidak memiliki talenta seni ataupun desain.

AVS-32 Adalah Software antivirus lokal indonesia yang bersifat freeware “bebas dari biaya”, yang dikhususkan untuk mengatasi virus-virus lokal ataupun mancanegara yang telah menyebar luas diindonesia.

AVS-32 sebut saja AVS “Anti Virus Solution” sampai saat ini belum mempunyai website resmi, hanya blog mereka di sinilah tempat untuk menampung segala informasi tentang perkembangan AVS, untuk website resmi,katanya, memang terpikirkan, “Bila Allah swt mengizinkan awal tahun 2011 akan diluncurkan “memang roket” so pertengahan tahun 2010 baru akan dirilis untuk website resminya AVS, sekarang mo belajar dulu + nabung :)” kata si pembuat antivirus ini. Amiin. Maaf kalau saya hanya turut untuk bisa menyebarkan kebaikan anda boss.Ohya, nama penciptanya: Saikun.

download antivirusnya di sini

12. WAV (Wedash Antivirus)

Entah plesetan dari Wedush atau Bedhesh, hehe, namanya kok wedhash ya. Wedash Anti Virus 2005 (WAV) adalah program untuk mendeteksi dan menangani virus lokal ataupun luar yang telah tersebar luas. Program ini freeware, anda dapat mengupdate sendiri virus listnya tanpa harus mendonlot dari internet jika anda menemukan virus baru. Anda dapat mendonlot WAV 2005 exe-nya, installer dan update (signatures.db).

Selain itu ada dokumentasi untuk menjalankan program WAV tersebut berbentuk .doc. Dalam waktu dekat akan dirilis atau dibagikan source code WAV untuk dikembangkan secara massal (rame rame mas!)

Saya sendiri baru tau kalau ada antivirus kayak gini sejak tahun 2005. Tetapi tampaknya tidak terlalu serius digarap karena tidak ada situs pendukung yang bertanggungjawab kecuali www.virologi.info. Dan…sekali lagi, tampilannya norak abis.

download di sini

13.ViRemoval

Mengenali 45 virus dalam dan luar negeri. Sedikit? hehe..gak tau juga. Sedikit atau banyak gak penting. Macam obat, kalau ternyata memang cocok untuk penyakitnya, kenapa enggak? Dulunya, Viremoval CRC32 ini dibuat dari visual basic yang sangat tergantung sekali dengan “msvbvm60.dll” jadi sang penciptan membuat lagi dari borland delphi 7.0 tapi sayang sekali kalo nggak dicompress file ini bisa sampe 814 kbyte (salah satu kekurangan delphi non .net version), setelah saya compress menjadi 295 kbyte.

download di sini

14. Anti-Indovir RX2

Malware Scanner

Sebuah perusahaan jasa pembuat software, MeySoft, Berdiri sejak awal 2002 dengan sebutan “Ninja Ceria” di situsnya http://meysoft.co.cc/memberikan beberapa gratisan sotware. salah satunya antivirus ini.

“Anti Indovir adalah salah satu anti virus karya MeySoft yang ditujukan sebagai produk non-komersil. Ini adalah wujud kepedulian kami sebagai pengembang software untuk selalu memperdulikan keamanan komputer dari serangan-serangan virus komputer yang selalu berkembang di setiap waktu. Untuk itu, semoga dengan adanya Anti-Indovir, mudah-mudahan penyebaran virus bisa lebih dipersempit sehingga kerugian bisa dihindari, khususnya bagi para pelanggan yang telah menggunakan jasa kami.”

download di sini (jika tak jalan, gunakan link alamat: http://meysoft.co.cc/meysoft/soft/aiv/aiv32.rar ke browser anda)

15.Antv-md5-pattern

Antv-MD5-Pattern

Antv-md5-pattern adalah tool antivirus buatan lokal yang menurut pembuatnya lebih baik dan lebih kaya fitur dibanding pesaingnya [sekalipun itu PCMAV!]. Kata yang bikin, Antivirus ini dilengkapi dengan:

- No Splash Screen [ merasa kelamaan menunggu splash-screen pcmav gak sih? ]
- Optimasi Source Code Pencarian yang lebih dioptimalkan; [tentu]
- Management Database Internal yang lebih “User-Friedly”; [ pcmav punya? ]
- Minimal dan Maximal

Filesize untuk pembatasan pencarian; [pcmav, fitur ini dikemanain? ]
- Pemilihan Extension File yang akan discan; [pcmav, fitur ini dikemanain ]
- Metoda Penghapusan yang menjamin Virus/malware/trojan tidak dapat direstore;
- Fasilitas Karantina -

Restore File ketempat semula/asal; [pcmav, sudah 24 bulan belum bisa seperti ini…] (RED - ‘Ketika anda ragu untuk menghapus File yang terdeteksi sebagi Virus Atau MalWare anda dapat meng-karantina sementara jika ternyata masih di”perlukan” dapat anda restore kembali )

- Pengiriman File karantina (Send Via Email); [pcmav, janjinya bisa gini, tapi…]
- Pilihan Integrasi Database ClamAV dengan Optimasi Resource Memory;

Ok, silahkan lah dicoba.Donlotnya di sini boss

16. MAWAR-AV REBORN EDITION

Barangkali inilah satu satunya nama antivirus yang feminim banget. AWAR-AV 2.0.87 adalah antivirus gratis yang membunuh berbagai virus lokal dari Indonesia. Dengan tambahan tools yang menarik, Mawar-av dapat melindungi komputer Anda agar aman selalu. Mawar punya BatchTaskKiller dan fungsi perbaikan registri yang sangat penting untuk keamanan PC. NB: dalam banyak kasus, mungkin antivirus ini terdeteksi itu sebagai malcode. tetapi rasanya itu hanya missunderstanding dalam menerjemahkan kode antara satu antivirus dengan lainnya.

download dan info silahkan klik di sini

17. IndoProg Antivirus

DIbuat oleh Hendra Suwarno di situs http://indoprog.tripod.com/ Program ini dibuat sebagai salah satu keprihatinan terhadap banyaknya virus-virus yang dibuat oleh programmer lokal yang sangat mengganggu, dan biasanya antivirusnya tidak tersedia dengan cepat.

Program ini memiliki keunggulan, yaitu memberikan kesempatan kepada user untuk menambah virus definition, sehingga kemampuan program ini dapat ditingkatkan untuk mengenali virus-virus baru.

Tampilannya memang sederhana banget. Sangat sederhana. Hanya saja kecepatan scan dan deteksinya boleh dibandingkan.

Download di sini

DLL...masih banyak lagi...

Best regards,


3 komentar:

  1. kebetulan saya juga lagi membuat antivirus. Ya lumyan lah namanya juga baru kelas 3 smp. Minta do'a nya ya gan, biar berhasil.

    BalasHapus
  2. Bro, kini ada anti virus baru beserta fungsi pembersih junk files, disertakan fungsi smart-lock, procces manajer (hentikan proses), cpu-performance, dan Smart capture yang tersedia pada revisi 10.2. Nama antivirus nya adalah smartav!. Antivirus ini dibuat oleh anak smp kelas 1 di SMP Negeri 1 Martapura - Kalimantan Selatan Penasaran silahkan kunjungi Blog resminya di : http://www.smartavindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Bro, kini ada anti virus baru beserta fungsi pembersih junk files, disertakan fungsi smart-lock, procces manajer (hentikan proses), cpu-performance, dan Smart capture yang tersedia pada revisi 10.2. Nama antivirus nya adalah smartav!. Antivirus ini dibuat oleh anak smp kelas 1 di SMP Negeri 1 Martapura - Kalimantan Selatan Penasaran silahkan kunjungi Blog resminya di : http://www.smartavindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus