Seach

IPCop Firewall Linux

IPCop merupakan distribusi linux yang lengkap dengan fungsi khusus untuk pengamanan jaringan dimana IPCop tersebut diinstalasi. Dengan penerapan teknologi yang ada bersama teknologi baru berorintasi pada ‘secure programming’, IPCop dapat digunakan seperti distribusi Linux bagi mereka yang serius ingin menjaga keamanan komputer dan jaringannya.
IPCop adalah sebuah Stateful firewall dibangun diatas framework Linux netfilter. Mulanya merupakan fork dari SmoothWall Linux firewall yang dikembangkan sebagai proyek terbuka secara terpisah dibawah lisensi bebas GPL, didukung banyak pengembang diseluruh dunia dan menyediakan edisi untuk lebih dari 17 bahasa. IPCop menyertakan mekanisme yang simpel untuk mengelola dan menginstalasi security updates kapan saja bila
dibutuhkan pengguna. Tersedia banyak komponen tambahan (addons), - walaupun ia tidak terkait secara resmi dengan proyek IPcop, - yang dapat menambahkan fungsionalitas dan kemampuan IPCop seperti: advanced QoS, email virus checking, traffic summary, extended interfaces for controlling the proxy, dan lainnya.

Network Interface
IPCop terdiri dari 4 (empat) Network Interface Red, Green, Blue dan Orange.
1. Red Network Interface
Koneksi ini digunakan untuk koneksi dari IPCop ke Modem, ADSL atau Router.
2. Green Network Interface
Koneksi ini digunakan untuk koneksi dari IPCop ke Jaringan komputer client yang melalui Hub atau Switch.
3. Blue Network Interface
Koneksi ini merupakan pilihan, koneksi ini digunakan untuk koneksi dari IPCop ke Wireless
4. Orange Network Interface
Koneksi ini merupakan pilihan, koneksi ini digunakan untuk Demilitarized Zone (DMZ) untuk operasional server, seperti Web Server dan Email Server.



Spesifikasi Hardware

Spesifikasi hardware yang dibutuhkan minimum 386 procesor, Memory 32 Mb dan space hardisk 300 Mb tetapi jika menggunakan fitur Web Proxy dan penggunaan addons lainnya diusahakan menggunakan Pentium 3 dan memory 256 Mb dan space hardisk 1000 Mb.

Tipe Konfigurasi Jaringan

Saat koneksi Red Interface sudah dapat terhubung dengan modem atau Network Interface Card (NIC), maka IPCop memiliki 8 (delapan) tipe konfigurasi jaringan, antara lain :
1. GREEN (RED is modem/ISDN)
2. GREEN + RED (RED is Ethernet)
3. GREEN + ORANGE + RED (RED is Ethernet)
4. GREEN + ORANGE (RED is modem/ISDN)
5. GREEN + BLUE + RED (RED is Ethernet)
6. GREEN + BLUE (RED is modem/ISDN)
7. GREEN + BLUE + ORANGE + RED (RED is Ethernet)
8. GREEN + BLUE + ORANGE (RED is modem/ISDN)

Perbedaan Mikrotik dengan IPCop

IPCop memiliki performance proxy dan firewall yang luar biasa. Hampir semua kebutuhan proxy dan firewall sudah tersedia disitu. Dan console melalui website yang sangat memudahan kita untuk bekerja. Sedangkan mikrotik, adalah router design, sedangkan fasilitas seperti firewall dan proxy hanyalah pelengkap. Jadi, disini bedanya IPCop dan Mikrotik. Kalau butuh router memang mikrotik akan lebih baik, tapi kalau butuh gateway dan firewall yang handal, jelas IPCop lebih baik apalagi IPCop juga gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar