Seach

Perjuangan Panjang Selama Tiga Tahun


Nusantara Online bisa dikatakan tidak hanya sebatas permainan. Ada pelajaran sejarah yang bisa dipetik dari permainan ini. Hal itu bisa dilihat dari tema permainan yang mengambil latar belakang kehidupan masyarakat Nusantara pada masa kejayaan kerajaan di Nusantara.

Alur cerita yang diangkat adalah pada masa itu rakyat Nusantara sudah memiliki sistem kemasyarakatan dan peri kehidupan yang maju dan terstruktur. Hasil bumi dan hasil budaya merupakan industri yang maju pesat sebagai penyokong kehidupan sehari-hari rakyatnya.

Kemasyhuran nama Nusantara pun bergema ke seluruh penjuru dunia yang membuat negara-negara lain tertarik akan keberadaannya. Namun di sisi lain, kemasyhuran ini akhirnya menjadi rebutan bagi pihak-pihak yang ingin menguasainya, sehingga Nusantara yang megah ini pun tak luput dari berbagai konflik.

Pada versi pertama yang akan dikomersialkan sekitar November nanti akan menghadirkan tiga kerajaan utama, yakni Majapahit, Padjajaran, dan Sriwijaya.

“Versi satu ini melewati perjalanan yang panjang selama tiga tahun. Nantinya setiap tahun akan kami tambahkan tiga kerajaan baru. Pengembangan ini akan terus dilakukan, setidaknya hingga tiap provinsi di Indonesia diwakili oleh satu kerajaan,” kata Managing Director Nusantara Online, Heru Nugroho, Rabu (1/7).

Inisiatif mengembangkan permainan bersarat konten lokal berawal dari keprihatinan semakin maraknya cerita maupun konten asing. Tak hanya melalui permainan online, tetapi juga media-media seperti buku, majalah, radio, sampai televisi.

“Kebanyakan generasi muda sekarang cenderung lebih akrab dengan cerita-cerita dan sejarah negeri lain ketimbang cerita-cerita rakyat dan sejarah bangsanya sendiri,” ucap Heru.

Untuk versi kedua yang akan dirilis tahun depan, Heru mengungkapkan, dipersiapkan tambahan kerajaan Samudera Pasai (Aceh), Bedahulu (Bali), dan Gowa.

Kendala juga tak luput ditemui, khususnya pada riset data-data sejarah dan budaya. “Saya inginnya detail, tidak asal-asalan. Ini bagian dari pendidikan sejarah ke pengguna,” katanya.

Dikatakannya, ketekunan itu diwujudkan dengan melakukan riset ke berbagai lokasi tempat bersejarah untuk melihat bentuk asli artefak-artefak Indonesia sehingga dapat direkonstruksi ulang menjadi bentuk tiga dimensi.

Hasilnya model dalam Nusantara Online merupakan rekonstruksi asli dari bentuk nyata, dari mulai bangunan rumah adat, candi, pakaian, dan perlengkapan tempur karakter. Bahkan sampai dengan letak dan kontur geografisnya pun dibuat sama persis dengan yang ada pada zaman itu.



Mesin Lokal

Selain tampilan yang detail, keunggulan lain dari Nusantara Online adalah pada mesin buatan anak negeri yang diberi nama Angel. Mesin ini mengatur mulai dari interaksi pemain terhadap Non-Playable Character (NPC) hingga efek perubahan perubahan waktu dari siang ke malam hari. Gerak bayangan karakter dan benda dalam game akan sesuai dengan jam pada hari (dalam game), artinya di pagi hari bayangan akan condong ke barat dan bergerak perlahan hingga condong ke timur di sore hari.

Efek suara pun tidak ketinggalan, dengan mesin yang digunakan suara-suara dalam permainan akan berubah mengikuti lingkungan sekitar. “Kunci dari games yang menarik untuk dimainkan itu terletak pada pandangan pertama. Jika dilihat sekilas tidak menarik dan suaranya biasa saja, pasti langsung ditinggalkan. Karena itu dua faktor itu digarap secara serius,” katanya.

Dalam pandangan Ketua Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) Indra Utoyo, sebagai industri kreatif, permainan online akan terus berkembang mengingat di dalamnya terdapat paduan tiga hal yakni kekayaan budaya sebagai roh, industri kreatif sebagai jiwanya, dan TIK sebagai raganya.

“Nusantara Online adalah contoh konkret dari tiga elemen tadi. Saya harapkan hadirnya Nusantara Onlines akan memacu kreator lokal lainnya untuk berkreasi,” tandasnya. dni/E-2

---

disalin dari Koran Jakarta

http://www.koran-jakarta.com/ver02/detail-news.php?id=12109&&idkat=60


Nantikan aja yaa..di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar