Seach

Pasar Terpanjang dan Teramai di Depok

Mungkin, pasar yang berlangsung di sepanjang Jln. Juanda, Depok, ini merupakan pasar terpanjang dan teramai di Indonesia. Betapa tidak, pasar sepanjang Jln. Juanda, dari Jln. Margonda ke arah Cisalak ini, membentang sekitar tiga kilometer di kedua sisi Jln. Juanda. Jadi total panjang pasar ini sekitar enam kilometer. Pasar ini mulai ramai sejak subuh, Minggu pagi. Para pedagang telah mempersiapkan dagangannya sejak dinihari.

Jln. Juanda ini pada pagi hari Minggu, praktis tidak dapat dilalui kendaraan bermotor. Bayangkan, para pengunjung yang menjejali jalan yang lebar ini mencapai ribuan orang.

Pasar yang telah berusia lebih dari satu tahun ini, awalnya hanya terdiri dari beberapa pedagang yang mangkal di tepi Jln. Juanda, di dekat perumahan Pesona Kayangan. Mereka menawarkan dagangannya kepada para pejalan kaki yang biasa berolah raga jalan pagi pada hari Minggu. Dalam waktu singkat jumlah para pedagang ini meningkat tajam, sehingga akhirnya hampir memenuhi seluruh jalur Jln. Juanda.

Dan, barang dagangannya pun mungkin tergolong paling lengkap dibandingkan dengan pasar-pasar lainnya. Bayangkan di sini kita bisa membeli kue-kue, dari kue pancong sampai brownies, dari bola lampu listrik sampai televisi baru, dari sepeda roda tiga untuk anak-anak sampai sepeda motor baru berbagai merek. Juga ada pakaian dari yang kualitas biasa sampai yang bermerek. Pelbagai makanan dari berbagai daerah, dijual berdampingan dengan berbagai tanaman hias.

Pedagang sayur mayur menggelar dagangannya berdampingan dengan pedagang sepeda motor. Pendeknya hampir semua kebutuhan rumah tangga baik sembako, alat masak memasak maupun kursi, meja, lemari, pakaian, sepatu, berbaur semua di tempat ini.

Sekitar pukul 11, keramaian tempat ini berangsur-angsur berkurang. Jadi, jika pada hari Minggu pagi Anda ingin berolah raga jalan pagi sambil berwisata belanja, maka inilah tempat yang tepat Anda kunjungi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar