Seach

Apa itu LitOS?

LitOS adalah sistem operasi berbasis GNU/Linux minimalis, yang digunakan sebagai penunjang operasional software pulsa ARM19. Sistem operasi ini dibuat, dilatar-belakangi oleh kebutuhan atas fungsi sebuah server database dan server web yang mampu berjalan cepat namun stabil, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan transaksi software pulsa ARM19, baik di sisi agen maupun downline. Selain itu, salah satu konsep dari sistem operasi ini adalah simple, aman dan sangat mudah untuk digunakan.

Ada 2 tipe LitOS yang bisa digunakan sesuai kebutuhan :


1. LitOS Database Server
Merupakan sistem operasi GNU/Linux minimalis yang telah diintegrasikan dengan MySQL Database Server. Dibandingkan dengan sistem yang lain, untuk mendapatkan sebuah server database yang handal, pengguna hanya perlu melakukan instalasi dengan tahapan yang sangat mudah. Service database akan langsung dijalankan begitu semua tahapan instalasi selesai, tanpa melakukan konfigurasi apapun. Tentunya sistem LitOS pada mode ini, juga dilengkapi dengan beberapa tools berhubungan dengan service database yang bermanfaat, dan dapat diakses melalui menu utama.

2. LitOS Web Server
Merupakan sistem operasi berbasis GNU/Linux yang telah kami konfigurasi sedemikian rupa, dengan menggabungkan didalamnya kombinasi antara Apache HTTP server, dan PHP. Sistem ini didesain dengan konsep untuk menjadi pusat layanan berbasis web yang ringan, stabil dan sangat mudah digunakan (mulai dari instalasi hingga maintenance).

Sejak LitOS 1.2 anda dapat menggabungkan ke-2 tipe tersebut dalam satu komputer. (Jika anda upgrade dari 1.1 maka tidak ada menu untuk penggabungan, jika anda ingin menggabungkan maka anda dapat membackup data terlebih dahulu kemudian lakukan instalasi ulang).


Bagi para pengguna LitOS 1.1 sangat disarankan agar mengupdate nya menjadi LitOS 1.2.

Apa yang baru?

1. MySQL backup database.
Di LitOS 1.2 anda dapat melakukan perawatan database untuk penggunaan ARM anda, disini anda dapat membackup dan merestrore database arm anda dengan langkah yang cukup mudah, karena tersedia semua di menu MySQL yang terdapat pada main menu LitOS.

2. Penambahan dan Pengurangan Firewall
LitOS 1.2 web server juga kini ditambahi dengan menu untuk menambah dan mengurangi port yang akan digunakan oleh ARM anda, sehingga anda bisa bertransaksi dengan keamanan tetap terjaga, karena Firewall akan mengamankan web server anda terhadap gangguan dari luar.

3. Penggabungan Database dan Web Server
Di LitOS 1.2 anda dapat memilih tipe installasi LitOS Database, LitOS Web Server ataupun gabungan keduanya di satu komputer (tidak berlaku bagi yang update, khusus instalasi baru). Keuntungan yang anda dapat adalah penghematan, karena tidak membutuhkan dua komputer untuk menjalaknkan database dan web server. Sedangkan kerugiannya adalah keamanan database anda, karena terletak di komputer yang secara langsung terhubung dengan internet.

4. Dan ada beberapa tambahan lainnya yang pastinya akan membuat anda lebih nyaman menggunakan LitOS ini.
LitOS 1.2 kami keluarkan dengan 2 versi, yaitu Updater dan Installer, Installer ini dapat digunakan untuk menginstall LitOS 1.2 dan juga dapat mengupdate LitOS 1.1 anda menjadi LitOS 1.2 sedangkan Updater hanya berfungsi untuk mengupdate LitOS 1.1 anda menjadi LitOS 1.2, jika anda belum memiliki LitOS 1.1 atau menginginkan pengistallan baru maka saya sarankan anda menggunakan Installer LitOS 1.2. Updater dibuat untuk menghemat proses download anda karena file nya cukup kecil (15 Mb).

Tempat Download LitOS 1.2 :

1. Installer LitOS 1.2 (112 Mb)
2. Updater LitOS 1.2 (15 Mb)

Berikut adalah petunjuk tambahan untuk melakukan update LitOS 1.1 ke 1.2:

1. Download file installer/updater litos [112MByte], atau updater saja [15MByte] (File updater tidak bisa digunakan untuk instalasi baru LitOS 1.2, hanya untuk update LitOS versi 1.1 ke 1.2).

2. Bakar file pada point 1 di atas dengan menggunakan software burner misal Nero. Bagi yang masih awam melakukan backup file format iso menjadi CD, dapat mengikuti panduan pada link ini .

3. Setelah menjadi CD installer/updater, boot up komputer ke CD tersebut. Kemudian ikuti panduan pada link ini .

4. Untuk LitOS Webserver, silahkan melakukan update Webscript ARM19 ke versi terbaru dengan mengikuti panduan pada link ini .


Thanks,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar