Seach

Hati - hati email anda terinfeksi VIRUS


Mungkin hanya sekedar mengingatkan anda bahwa ada banyak virus yang menyebar melalui email contohnya:

virus Anjelina jolie (Agent.GPKB), virus ini akan mengirimkan spam dengan menyertakan link untuk mendownload video “palsu” dari Angelina Jolie yang ternyata akan mendownload sebuah program antispyware “palsu” juga dengan nama antivirus XP 2008.

Virus Anjelina Jolie II (W32/DLoader.ITOA) yang berisi email dari Daily Top 10 dengan subject CNN.com Daily Top 10, yang meminta untuk mendownload sebuah file dengan nama get_flash_update.exe. Get_flash_update.exe itulah file virus yang disamarkan sebagai aplikasi flash player.

Antivirus Gadungan mengeksploitasi kelemahan mailserver dengan mengirimkan e-mail virus melalui file terkompres. email tersebut berisi konfirmasi pengiriman barang dari UPS yang meminta kita mencetak invoice .doc yang sebenarnya adalah file virus karena memiliki ekstensi ganda (ups_letter.doc.exe). Supaya lampiran ini tidak diblok di mailserver ia di kompres terlebih dahulu dengan nama “ups_letter.zip”.

W32/Emmareg.A Virus ini mempunyai ukuran 42 KB, untuk mempermudah menyebarannya virus ini akan menggunakan icon Folder. Virus ini menyebar melalui email dengan mengirimkan [reply] semua email yang ada di INBOX dengan menyertakan attachment NOVA.SCR.

VBS/Hysra.gen@mm (Virus yang mengirimkan SPAM) Jika file yang terinfeksi VBS/Hysra.gen@mm dijalankan maka akan muncul konfirmasi dari Outlook yang memberitahukan adanya program mencoba mengakses data alamat-alamat email Outlook dan mengirimkan email. Hal ini terjadi karena memang VBS/Hysra.gen@mm ini akan berupaya untuk mengirimkan email ke alamat yang ditemukannya di komputer korban.

Worm.VBWorm.NUJ (Moontox Bro, Rontokbro yang “montok” dan “cinta” Indonesia) Pada saat VBWorm.NUJ tersebut aktif maka secara otomatis akan mencoba untuk mengirimkan dirinya dengan memanfaatkan auto send program Microsoft Outlook.

W32/Small.KL@mm Small.KL akan datang dengan membawa lampiran dengan nama ekstensi yang jarang digunakan oleh beberapa virus lain. Tujuannya adalah untuk menghindari blocking lampiran yang biasa dilakukan oleh mailserver terhadap file virus seperti .exe, .com, .zip dst. Adapun ekstensi lampiran yang digunakan adalah sebagai berikut : .b64 .BHx .HQX .mim .uu .UUE .XxE

W32/VBWorm.MLG Untuk menyebarkan dirinya VBWorm.MLG akan mengambil semua alamat email yang ada di komputer yang terinfeksi untuk kemudian akan menyebarkan dirinya kesemua alamat email yang sudah diperolehnya dimana email tersebut seolah-olah dikirim dari PCME*IA [xxxx@pcme*ia.co.id] dengan attcahment PCMAV-RC9.ZIP

Dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya yang ga bisa saya sebutkan semuanya disini.. 

Nah sekarang sudah taukan virus bisa menyebar melalui E-mail file attachment.  maka berhati-hatilah dalam menerima file attachment E-mail ,kenali dulu file tersebut kegunaannya, fungsinya apa? Lalu dari penyedia jasa yang benar atau tidak? Semoga dapat membuka dan menambah wawasan anda.

Best regards,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar