Bagi anda yang masih awam dengan OS linux maka untuk memulai mempelajari linux cukup dengan menginstall dual os pada computer anda misalnya ubuntu dan windows xp. Karena itulah yang saya lakukan.

Mari kita bahas beberapa kelebihan ubuntu dari pada windows.

  1. free of virus
  2. Dengan menggunakan ubuntu anda akan terhindar dari virus-virus dan akan merasa aman dengandata-data penting anda.

  3. Plug and Play
  4. Dengan menggunakan ubuntu anda akan mendapakan suatu kenyamanan dengan mudahnya anda untuk menambahkan hardware baru tanpa harus menginstallkan driver(mungkin anda juga harus menginstallkan driver jika hardware belum dikenali).

  5. Banyaknya aplikasi yang gratis
  6. Denangan menggunakan ubuntu kita akan mendapatkan banyaknya aplikasi yang gratis. Misalnya OpenOffice.org, Gimp, Pidgin, Compiz, dan aplikasi-aplikasi lainnya baik untuk keperluan kantor ataupun untuk keperluan server.

  7. Kebebasan untuk mengembangkan
  8. Linux membebaskan penggunanya untuk mengembangkan distro-distro yang sudah ada sesuai dengan kehendak masing-masing. Hal seperti ini biasa disebut remastering.

  9. Dukungan komunitas yang luas.
  10. Kalau anda merasa bingung atau ada masalah dengan ubuntu anda maka anda tingggal tanyakan pada komunitas ubuntu yang ada di internet pasti masalah anda akan dengan cepat terselesaikan.

    Ok…..mungkin masih banyak lagi keunggulan dari ubuntu yang masih belum saya temukan karena sanya juga masih belum lama menggunakannya. Semakin lama anda menggunakan ubuntu saya yakin semakin banyak manfaat yang kita rasakan dari ubuntu dari pada windows atau os berbayar lainnya…..

    Selamat mencoba….kalau anda tau lebih tentang manfaat ubuntu tolong share sama saya…


    Best regards,